Rabu, 17 November 2010

penyebab perubahan kebudayaan

Jika membahas tentang penyebab perubahan kebudayaan, saya akan membahas tentang perubahan kebudayaan Indonesia pada umumnya. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang sopan, dari segi pergaulan, tutur kata, perilaku, maupun cara berpakaian. Seiring berjalannya waktu dan masuknya budaya luar ke dalam kebudayaan Indonesia, ada kebudayaan-kebudayaan luar yang mempengaruhi kebudayaan Indonesia. Misalnya dari segi pergaulan, sekarang banyak masyarakat Indonesia yang meniru pergaulan bangsa barat, contohnya pergaulan bebas. Sekarang tidak sedikit orang yang tidak malu lagi bergaul secara bebas, free sex atau pun kumpul kebo. Pergaulan-pergaulan yang dibawa oleh bangsa luar.

Contohnya lagi dari segi berpakaian. Sudah banyak orang yang meniru cara berpakaian bangsa barat, sekarang orang sudah mulai tidak malu lagi berpakaian yang terbuka. Bahkan untuk pergi ke mall misalnya, banyak wanita yang tidak malu lagi hanya menggunakan thanktop dan celana pendek/rok mini.

Menurut saya penyebab terjadinya perubahan kebudayaan bukan hanya sekedar efek dari masuknya kebudayaan bangsa asing ke dalam kebudayaan Indonesia. Tapi juga faktor dari tidak bisanya pribadi masyarakat itu sendiri untuk menyaring pengaruh dari kebudayaan luar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar